Ms Office Excel dan PDF Tidak Bisa Di Print dan Printer Tidak Bisa di Set Default


Beberapa hari yang lalu saya menemui kasus pada Ms. Office Excel dan Pdf yang tidak bisa di print. padahal driver Printer sudah terinstal dengan benar. Sedangkan untuk Ms. office Word normal dan bisa di Print seperti biasa. Saya pikir ini Ms Office saya yang bermasalah sampai saya uninstal Ms. office dan Instal lagi tetap saja kasus masih sama.

Kecurigaan muncul pada saat Printer yang saya pake tidak bisa saya setting default. Pada saat Print saya set sebagai Default print muncul tilisan  Erroroperation could not be completed (error 0x00000709). Double check the printer name and make sure that the printer is connected to the network. Padahal print normal-normal saja pada saat di Print Test page. Setelah usut punya usut ternyata begini solusinya.

Cara Mengatasi Printer tida bisa di set Default dan tidak dapat Print Ms. office Excel :

1. Klik tombol Windows + tombol huruf R di keyboard PC agan, setelah itu ketik regedit kemudian klik oke.


2. Klik Folder HKEY_CURRENT_USER --> Software --> Microsoft --> Windows NT --> CurrentVersion --> Windows.

Pada tulisan “device” pada tab sebelah kanan. Kemudian blok “device” lalu klik kanan pilih  delete nama printer yang tertera lalu klik oke.

Apabila nama printer yang tertera tidak dapat di delete, pada registry editor pilih menu edit --> permissions --> kemudian chek list (√) allow pada Full Control,

Selanjutnya tinggal klik apply dan klik Ok

Terakhir, restartlah computer anda dan Selamat bekerja Kembali.


Related Article