Kali ini saya akan membagikan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar SMK Multimedia. Sebenarnya di kurikulum 2013 revisi pada tahun ajaran 2017-2018 materi multimedia tidak berbeda dari materi sebelumnya. Hanya saja di kurikulum 2013 revisi ini semua materi dikelompokan menjadi lebih ringkas. Berikut Kompetensi Keahlian Multimedia (C1)
KOMPETENSI
INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian
|
: Teknologi Informasi dan
Komunikasi
|
Program Keahlian
|
: Teknik Komputer dan
Informatika
|
Kompetensi Keahlian
|
: Multimedia (C1)
|
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu
(1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan
(4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses
pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap
sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun,
peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab,
responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian
nasihat,
penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua
kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan,
pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata
pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan
sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai
pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3
|
KOMPETENSI INTI 4
|
|
(PENGETAHUAN)
|
(KETERAMPILAN)
|
|
3. Memahami, menerapkan,
|
4. Melaksanakan tugas spesifik
|
|
menganalisis,
dan
|
dengan
menggunakan alat,
|
|
mengevaluasi tentang
|
informasi, dan prosedur kerja yang
|
|
pengetahuan faktual,
|
lazim dilakukan serta memecahkan
|
|
konseptual, operasional dasar,
|
masalah sesuai dengan lingkup
|
|
dan metakognitif sesuai dengan
|
Simulasi
dan Komunikasi Digital,
|
|
bidang
dan lingkup Simulasi
|
dan
Dasar Bidang Teknologi
|
|
dan
Komunikasi Digital, dan
|
Informasi dan Komunikasi.
|
|
Dasar
Bidang Teknologi
|
Menampilkan kinerja di bawah
|
|
Informasi dan Komunikasi pada
|
||
bimbingan
dengan mutu dan
|
||
tingkat teknis, spesifik, detil,
|
||
kuantitas yang terukur sesuai
|
||
dan kompleks, berkenaan
|
||
dengan standar kompetensi kerja.
|
||
dengan ilmu pengetahuan,
|
||
Menunjukkan keterampilan
|
||
teknologi,
seni, budaya, dan
|
||
humaniora dalam konteks
|
menalar,
mengolah, dan menyaji
|
|
pengembangan potensi diri
|
secara
efektif, kreatif, produktif,
|
|
sebagai bagian dari keluarga,
|
kritis,
mandiri, kolaboratif,
|
|
sekolah, dunia kerja, warga
|
komunikatif,
dan solutif dalam
|
|
masyarakat nasional, regional,
|
ranah
abstrak terkait dengan
|
|
dan internasional.
|
pengembangan
dari yang
|
|
dipelajarinya
di sekolah, serta
|
KOMPETENSI
INTI 3
|
KOMPETENSI INTI 4
|
(PENGETAHUAN)
|
(KETERAMPILAN)
|
mampu
melaksanakan tugas
|
|
spesifik di bawah pengawasan
|
|
langsung.
|
|
Menunjukkan keterampilan
|
|
mempersepsi, kesiapan, meniru,
|
|
membiasakan, gerak mahir,
|
|
menjadikan gerak alami dalam
|
|
ranah konkret terkait dengan
|
|
pengembangan dari yang
|
|
dipelajarinya di sekolah, serta
|
|
mampu melaksanakan tugas
|
|
spesifik di bawah pengawasan
|
|
langsung.
|
Mata Pelajaran
|
: Simulasi dan Komunikasi
Digital
|
||||
Jam Pelajaran
|
: 108 JP (@
45 Menit)
|
||||
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
||||
3.1
|
Menerapkan logika dan
|
4.1
|
Menggunakan fungsi-fungsi
|
||
algoritma komputer
|
perintah (Command)
|
||||
3.2
|
Menerapkan metode peta-minda
|
4.2
|
Membuat peta-minda
|
||
3.3
|
Mengevaluasi paragraf
|
4.3
|
Menyusun kembali format
|
||
deskriptif, argumentatif,
naratif,
|
dokumen pengolah kata
|
||||
dan persuasif
|
|||||
3.4
|
Menerapkan logika dan operasi
|
4.4
|
Mengoperasikan perangkat
|
||
perhitungan data
|
lunak pengolah angka
|
||||
3.5
|
Menganalisis fitur yang tepat
|
4.5
|
Membuat slide untuk
|
||
untuk pembuatan slide
|
presentasi
|
||||
3.6
|
Menerapkan teknik presentasi
|
4.6
|
Melakukan presentasi yang
|
||
yang efektif
|
efektif
|
||||
3.7
|
Menganalisis pembuatan e-book
|
4.7
|
Membuat e-book dengan
|
||
perangkat lunak e-book editor
|
|||||
3.8
|
Memahami konsep Kewargaan
|
4.8
|
Merumuskan etika Kewargaan
|
||
Digital
|
Digital
|
||||
3.9
|
Menerapkan teknik
|
4.9
|
Melakukan penelusuran
|
||
penelusuran Search Engine
|
informasi
|
||||
3.10 Menganalisis komunikasi
|
4.10
|
Melakukan komunikasi
|
|||
sinkron dan asinkron dalam
|
sinkron dan asinkron dalam
|
||||
jaringan
|
jaringan
|
||||
3.11 Menganalisis fitur
perangkat
|
4.11
|
Menggunakan fitur untuk
|
|||
lunak pembelajaran kolaboratif
|
pembelajaran kolaboratif
|
||||
daring
|
daring (kelas maya)
|
||||
3.12 Merancang dokumen tahap
|
4.12
|
Membuat dokumen tahap pra-
|
|||
pra-produksi
|
produksi
|
||||
3.13 Menganalisis produksi
video,
|
4.13
|
Memroduksi video dan/atau
|
|||
animasi
dan/atau musik
|
animasi
dan/atau musik
|
||||
digital
|
digital
|
||||
3.14 Mengevaluasi pasca-produksi
|
4.14
|
Membuat laporan hasil pasca-
|
|||
video, animasi dan/atau musik
|
produksi
|
||||
digital
|
Untuk Kompetensi Keahlian C2 dan C3 lihat Disini :