1). Dalam membangun sebuah interface, hal yang diperhatikan dalam hal tata
letak menu :
letak menu :
- Menu tunggal: Judul yang deskriptif.
- Menu tree: Nama pilihan harus sama dengan judul halaman yang dipanggil.
- Gunakan peristilahan yang dikenal dan konsisten.
- Pastikan item dapat dibedakan dari pilihan lain.
- Gunakan pemilihan kata yang konsisten dan singkat.
- Tempatkan kata kunci di kiri.
- Perhatikan kendala seperti lebar dan tinggi layar, kecepatan tampil, character set,
dan highlighting.
dan highlighting.
- Buat pedoman/panduan untuk komponen-komponen: judul, penempatan item,
petunjuk, pesan kesalahan, dan laporan status.
petunjuk, pesan kesalahan, dan laporan status.
- Jangan lupa harus selalu ingat prosedur IMK :
a. User Compatibility
Interface
harus disesuaikan dengan user, dan tidak dianjurkan merancang
interface untuk dirinya sendiri. Hal ini didasarkan karena sistem diciptakan untuk
kebutuhan user.
interface untuk dirinya sendiri. Hal ini didasarkan karena sistem diciptakan untuk
kebutuhan user.
b. Product Compability
Sebuah
interface sistem, harus sesuai dengan bentuk manual atau
tradisionalnya.
Sehingga diharapkan menghasilkan laporan serta informasi yang detail
dan akurat dibandingkan dengan sistem manual.
Sehingga diharapkan menghasilkan laporan serta informasi yang detail
dan akurat dibandingkan dengan sistem manual.
c. Task Compability
Interface harus membantu dan memudahkan user dalam menyelesaikan
tugasnya.
tugasnya.
d. Work Flow Compability
Sistem
manual harus disediakan oleh pengembang perangkat lunak, dan
menyediakan runutan - runutan pekerjaan yang ada pada sebuah sistem.
menyediakan runutan - runutan pekerjaan yang ada pada sebuah sistem.
e. Consistency
Sebuah sistem harus sesuai dengan sistem nyata serta sesuai dengan produk
yang dihasilkan.
yang dihasilkan.
f. Familiarity
Interface sebisa mungkin didesain dengan interface pada umumnya, dari segi tata letak, model,
dan sebagainya.
g. Simplicity
Kesederhanaan perlu diperhatikan pada saat membangun interface.
h. Direct Manipulation
Sistem
harus mempunyai media atau tools yang dapat digunakan untuk
melakukan perubahan pada interface sesuai dengan keinginan user. Dalam hal
ini dicustomize oleh user.
melakukan perubahan pada interface sesuai dengan keinginan user. Dalam hal
ini dicustomize oleh user.
i. Control
Sistem harus memiliki penanganan terhadap kesalahan yang dilakukan oleh user.
j. WYSIWYG
“what you see is what you get”, informasi yang ditampilkan harus sesuai dengan
usaha yang dilakukan oleh user.
usaha yang dilakukan oleh user.
k. Flexibility
Sistem harus menyediakan berbagai solusi penyelesaian suatu masalah.
l. Responsiveness
Sistem harus memiliki respon yang baik, maksudnya adalah kecepatan akses
suatu sistem akan sangat mempengaruhi mood user.
suatu sistem akan sangat mempengaruhi mood user.
m. Invisible Technology
Suatu
sistem harus memiliki suatu kelebihan yang tidak melulu diminta oleh
user,
maksudnya diciptakan suatu terobosan baru pada suatu sistem.
maksudnya diciptakan suatu terobosan baru pada suatu sistem.
n. Robustness
Interface yang baik dapat berupa frase-frase menu atau error handling yang sopan.
o. Protection
Proteksi
disini lebih menjaga kenyamanan user. Nyaman dimaksudkan user tidak
menemui susasana kacau ketika user salah memasukkan data atau salah
eksekusi.
menemui susasana kacau ketika user salah memasukkan data atau salah
eksekusi.
p. Easy of Learning and Easy of Use
Kemudahan dalam mengoperasikan perangkat lunak hanya dengan memandangi
atau belajar beberapa jam saja.
atau belajar beberapa jam saja.
2). Keunggulan dari GUI, CLI, VUI :
a. GUI
GUI adalah tipe antar muka yang
digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan system operasi melalui
gambar-gambar grafik, ikon, menu, dan menggunakan perangkat penunjuk ( pounting
device) seperti mouse atau track ball. Elemen-elemen unta dari GUI bisa
diringkas dalam konsep WIMP (window, icon, menu, pointing device).
GUI memberikan keuntungan seperti:
1. Gampang dipelajari oleh pengguna yang pengalaman dalam menggunakan
komputer cukup minim
komputer cukup minim
2. Berpindah dari satu layar ke layar yang lain tanpa kehilangan
informasi
dimungkinkan
dimungkinkan
3. Akses penuh pada layar dengan segera untuk beberapa macam
tugas/keperluan
b. Command Line interface (CLI)
CLI adalah tipe antar muka dimana pengguna
berinteraksi dengan system operasi melalui text-terminal. Pengguna menjalankan
perintah dan program di system operasi tersebut dengan mengetikkan baris-baris
tertentu. Meskipun konsepnya sama, tiap-tiap system operasi memiliki nama atau
istilah yang berbeda bentuk CLI-nya. Contonya UNIX memberi nama untu CLI-nya
dengan nama bash, ash, ksk, dan lain-lain. Microsoft Disk Operating System
(MS-DOS) memberikan nama command.com, atau Command Prompt untuk CLI-nya.
c. Voice User Interface (VUI)
Aplikasi Antarmuka Suara Pengguna atau Voice
User Interface (VUI) yang menggunakan teknologi pengenalan ucapan dimana
pengendalian saklar lampu. Misalnya, tidak dilakukan secara manual dengan
menggerakkkan saklar tetapi cukup mengeluarkan parintah dalam bentuk ucapan
sebagai saklarnya. Metode ini membantu manusia yang secara fisik tidak dapat
menggerakkan saklar karena cacat pada tangan. Penerapan VUI ini tidak hanya
untuk lampu saja tetapi bisa juga untuk aplikasi-aplikasi control yang lain.
3). Interface Pengenalan alat tranformasi untuk anak Paud, TK, SD
1. Halaman Awal Game tebak-tebakan seputar alat tranformasi.
Tebaklah Gambar yang sesuai tulisan nama alat transportasi .
2. Jika Jawaban benar akan muncul gambar dibawah ini.
3. Jika jawaban salah maka akan keluar gambar seperti dibawah ini.
4 ). Kajian Tentang IMK
Yang mendasari adanya IMK adalah karena kebutuhan manusia untuk berinteraksi dengan komputer yaitu menggunakan sejumlah menu maupun teks, atau juga bisa menggunakan alat bantu masukan(input), yang berupa nouse ataupun keyboard.dan juga memerlukan alat bantu keluaran (output unit), yang dimana data-data tersebut dapat disimpan dalam media penyimpanan yang biasa disebut memori unit.
1. Halaman Awal Game tebak-tebakan seputar alat tranformasi.
Tebaklah Gambar yang sesuai tulisan nama alat transportasi .
2. Jika Jawaban benar akan muncul gambar dibawah ini.
3. Jika jawaban salah maka akan keluar gambar seperti dibawah ini.
4 ). Kajian Tentang IMK
Yang mendasari adanya IMK adalah karena kebutuhan manusia untuk berinteraksi dengan komputer yaitu menggunakan sejumlah menu maupun teks, atau juga bisa menggunakan alat bantu masukan(input), yang berupa nouse ataupun keyboard.dan juga memerlukan alat bantu keluaran (output unit), yang dimana data-data tersebut dapat disimpan dalam media penyimpanan yang biasa disebut memori unit.
Prinsip kerja komputer = input – proses – output. Kepada
komputer diberikan data yang umumnya berupa deretan angka dan huruf. Kemudian
diolah didalam komputer yang menjadi keluaran sesuai dengan kebutuhan dan
keinginan manusia. Tanpa disadari kita (manusia/user) telah berinteraksi atau
berdialog dengan sebuah benda (layar monitor), yaitu dalam bentuk menekan
tombol berupa tombol angka dan huruf yang ada pada keyboard atau melakukan satu
sentuhan kecil pada mouse. Yang kemudian hasil inputan ini akan berubah bentuk
menjadi informasi atau data yang seperti diharapkan manusia dengan tertampilnya
informasi baru tersebut pada layar monitor atau bahkan mesin pencetak (printer).
Manusia pada umumnya tidak pernah tahu apa yang
terjadi pada saat data dimasukkan ke dalam kotak cpu melalui keyboard. Manusia
(user) selalu terfokus pada monitor/printer sebagai keluaran. Manusia jarang
sekali menyadari proses interaksi dengan komputer. Manusia barumenyadari proses
interaksi tersebut saat menemukan masalah dan tidak menemukan solusi
pemecahannya. Biasanya manusia menyalahkan antarmuka yang kurang inovatif,
kurang menarik, kurang komunikatif.
Interaksi bisa dikatakan dialog antara user dengan
komputer.
Model atau jenis interaksi, antara lain :
1. Command line interface (perintah baris tunggal)
contoh :
unix, linux, dos
2. Menu (menu datar dan menu tarik)
contoh :
hampir semua software menggunakan menu
3. Natural language (bahasa alami)
contoh :
bahasa pemrograman terstruktur (belum objek)
4. Question/answer and query dialogue
contoh :
mysql, dbase interaktif, dll
5. Form-fills and spreadsheets
contoh :
excel, lotus, dll
6. WIMP
- Windows
Icon Menu Pointer
- Windows
Icon Mouse Pulldown Menu
yang
termasuk komponen WIMP : button, dialogue boxes, pallettes, dll
- Ilmu yang terkait dengan IMK
1. Teknik elektronika & ilmu
komputer =memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem HCI
2. Psikologi
memahami sifat & kebiasaan, persepsi
& pengolahan kognitif, ketrampilan motorik pengguna
3. Perancangan grafis dan tipografi
sebuah gambar dapat bermakna sama
dengan seribu kata. Gambar dapat digunakan sebagai sarana dialog cukup efektif
antara manusia & komputer
4. Ergonomik
berhubungan dengan aspek fisik untuk
mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman, misal, bentuk meja & kursi kerja,
layar tampilan, bentuk keyboard, posisi duduk, pengaturan lampu, kebersihan
tempat kerja
5. Antropologi
ilmu pengetahuan tentang manusia,
memberi suatu pandangan tentang cara kerja berkelompok yang masing – masing
anggotanya dapat memberikan konstribusi sesuai dengan bidangnya
6. Linguistik
merupakan cabang ilmu yang
mempelajari tentang bahasa. Untuk melakukan dialog diperlukan sarana komunikasi
yang memadai berupa suatu bahasa khusus, misal bahasa grafis, bahasa alami,
bahasa menu, bahasa perintah
7. Sosiologi
studi tentang pengaruh sistem
manusia-komputer dalam struktur sosial, misal adanya PHK karena adanya otomasi
kantor.
- Bidang ilmu interaksi manusia dan komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mendesain, mengevaluasi, dan mengimplementasikan sistem komputer yang interaktif sehingga dapat digunakan oleh manusia dengan mudah.
• Pengertian Interaksi = komunikasi
2 arah antara manusia (user) dan sistem
komputer.
komputer.
Interaksi menjadi maksimal apabila
kedua belah pihak mampu memberikan stimulan dan respon (aksi & reaksi) yang
saling mendukung, jika salah satu tidak bisa, maka interaksi akan mengalami
hambatan atau bahkan menuju pembiasan tujuan.
• Definisi interaksi manusia dan
komputer
sebuah hubungan antara manusia dan
komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan
tertentu dengan menjalankan sebuah sistem yang bertopengkan sebuah antarmuka (interface).
• Prinsip kerja komputer = input
???? proses ???? output
Kepada komputer diberikan data yang
umumnya berupa deretan angka dan huruf. Kemudian diolah didalam komputer yang
menjadi keluaran sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia.
Tanpa disadari kita (manusia/user)
telah berinteraksi atau berdialog dengan sebuah benda (layar monitor), yaitu
dalam bentuk menekan tombol berupa tombol angka dan huruf yang ada pada
keyboard atau melakukan satu sentuhan kecil pada mouse.
Yang kemudian hasil inputan ini akan
berubah bentuk menjadi informasi atau data yang seperti diharapkan manusia
dengan tertampilnya informasi baru tersebut pada layar monitor atau bahkan
mesin pencetak (printer)
• Manusia pada umumnya tidak pernah
tahu apa yang terjadi pada saat data dimasukkan ke dalam kotak cpu melalui
keyboard. Manusia (user) selalu terfokus pada monitor/printer sebagai keluaran.
• Manusia jarang sekali menyadari
proses interaksi dengan komputer. Manusia baru menyadari proses interaksi
tersebut saat menemukan masalah dan tidak menemukan solusi pemecahannya.
Biasanya manusia menyalahkan antarmuka yang kurang inovatif, kurang menarik,
kurang komunikatif.
• Interaksi bisa dikatakan dialog
antara user dengan komputer.
Model atau jenis interaksi, antara
lain :
1. Command line interface (perintah
baris tunggal)
contoh
: unix, linux, dos
2. Menu (menu datar dan menu tarik)
contoh
: hampir semua software menggunakan menu
3. Natural language (bahasa alami)
contoh
: bahasa pemrograman terstruktur (belum objek)
4. Question/answer and query dialogue
contoh
: mysql, dbase interaktif, dll
5. Form-fills and spreadsheets
contoh
: excel, lotus, dll
6. WIMP
-
Windows Icon Menu Pointer
-
Windows Icon Mouse Pulldown Menu
yang termasuk komponen WIMP :
button, dialogue boxes, pallettes, dll
jadi secara garis besar IMK itu adalah sebuah
interaksi antara manusia(user)
dengan computer yang menggunakan beberapa dan berbagai macam aplikasi
yang bisa digunakan untuk melakukan suatu pekerjaan yang sedang dilakukan
oleh manusia.contoh pekerjaan yang sering digunakan oleh manusia yang
dikerjakan oleh computer adalah membuat suatu pekerjaan menulis ataupun
pekerjaan kantor.
dengan computer yang menggunakan beberapa dan berbagai macam aplikasi
yang bisa digunakan untuk melakukan suatu pekerjaan yang sedang dilakukan
oleh manusia.contoh pekerjaan yang sering digunakan oleh manusia yang
dikerjakan oleh computer adalah membuat suatu pekerjaan menulis ataupun
pekerjaan kantor.
MENGAPA KITA BUTUH IMK
Kita butuh IMK adalah agar kita
lebih cepat dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.serta bisa membuat waktu
pengerjaannya lebih cepat dan tidak membutuhkan banyak biaya dalam membuat
suatu pekerjaan.
Dan untuk mahasiswa IT,kita bisa
membuat aplikasi ataupun program dengan cepat dikarenakan kita memakai aplikasi
yang memiliki interaksi yang mudah dipakai dan dimengerti.